Anime

Sabtu, 28 Februari 2015

Fenomena Batu Akik

banyak banget jenisnya.

Sekarang di indonesia kembali ke jaman batu, tapi bukan jaman batu tua atau batu madya tapi batu akik, Batu ginjal, eh batu akik itu adalah batu mulia yang belakangan ini lagi ngetrend di pake, dari orang tua, kakek-kakek, bapak-bapak, remaja, anak bocah, anak paud, anak balita, bayi, sampe yang belum lahir juga pada make batu akik. Pokoknya batu akik itu lagi popular banget deh seantero Indonesia bahkan sampe ngalahin kepopuleran batu bata sama batu ginjal. dan  penggemarnya bahkan Dari sabang sampe merauke pokoknya make batu akik semua.

Kalian tau gak asal usul batu akik?. Kalo gak tau sama gua juga gak tau. Nggak gua bercanda, asal mula batu akik itu sebenernya ada seorang anak yang sangat durhaka kepada orangtuanya terutama ibunya lalu ibunya itu mengutuk dia jadi batu, maka jadilah batu akik. Eh itu batu malin kundang yah? Biarin deh kan sama-sama batu.

Sebenernya yang ngepopulerin batu akik itu bukan orang Indonesia lohh, padahal ultraman lah yang ngepopulerin batu akik, liat aja deh yang di tengah-tengah dada ultraman perhatikan ada batu yang mengkilap-kilap nggak jelas itu yang warna biru dan kalo darahnya sekarat batunya berubah warna merah kek sirine ambulance dan bunyi ‘tinung-tinung-tinung”.Kek suara kereta mau lewat.Itu yang di tengah dada ultraman itulah batu akik, dan ketika manusianya pengen berubah jadi ultraman dia tinggal mencet batu akiknya dan berbahlah jadi ultraman penyelamat bumi, hore.Terimakasih ultraman berkatmu batu akik jadi terkenal.

itu yang warna biru  di dadanya sebenernya batu akik

Baru-baru ini di aceh ditemukan batu giok atau batu akik atau batu ginjal ah sama aja lah, beratnya itu sampe 20 ton beh lebih berat dari optimus prime (transformers), gua curiga batu ini terbawa tsunami aceh pada tahun 2004 lalu. Tapi gua pikir-pikir lagi masa 11 tahun kemudian baru di temuin batunya, kan gak mungkin, atau jangan-jangan ini tempat tinggalnya para tuyul peliharaan ki joko bodo yang udah pada diusir dari rumahnya ki joko bodo. Kan tau sendiri tuyul kepalanya botak halus sering nyuri.Mungkin dia nyuri batu akik dari rumah-rumah warga dan di jadiin rumah yang berbentuk batu akik seberat 20 tronton eh maksudnya 20 ton ini.

Mungkin kalo orang kaya batu ini di jadiin pondasi rumah, karena batu bata sudah terlalu mainstream. Kan keren tuh  rumahnya jadi berkelap-kelip seumpamaaa bintang teranggg~~~, bagaikan lampu diskotik ajep-ajep di klub malam. Tapi mungkin juga batu giok yang 20 ton itu bintang jatuh terus ada yang minta permintaan bintangnya berubah jadi batu giok yang sangat besar dan jadilah batu giok seberat 20 ton.Mungkin yang minta permintaan ini adalah para koruptor eh maksudnya para kolektor batu akik.
Dan gua biasanya kalo beli batu akik, gak gua jadiin cincin, tapi gua jadiin ganjelan pintu, ganjelan kulkas, ganjelan motor, boneka ganjelangkung.Sampe gua cemilin saat waktu nonton TV karena bentuknya yang mirip kolang-kaling.
 INI DIA KOLANG-KALING, Mirip banget kan sama batu akik, mungkin kalo orang awam  ini dijadiin cincin batu akik


Tapi jujur nih waktu batu akik yang baru-baru boomingnya itu gua kira orang yang make  cincin batu akik atau kalung batu akik itu make cincin dan kalung dari kolang-kaling yang biasa dimakan bareng kolak amal eh maksudnya kolak ubi. Yah soalnya bentuknya mirip banget sama kolang-kaling bedanya kalo batu akik keras kalo kolang kaling kenyal-kenyal menggemaskan gitu. Dan gua katain aja orang yang make batu akik itu. “ahhahaha kolang-kaling kok di jadiin cincin sama kalung, kan kolang-kaling buat di makan.” Dan selanjutnya gua di gebukin para pecinta batu akik itu dan kalian taulah lanjutannyaa~~.

Kalo orang kolektor batu akik itu menikah, mungkin pas ijab qabul pernikahannya kayak gini “saya nikahkan bin bin dengan binti binti dengan mas kawin seperangkat alat pembuat batu akik di bayar tunai.” Terus orangnya yang di nikahin jawab. “saya terima nikahnya binti-binti dengan mas kawin seperangkat alat pembuat batu akik di bayar tunai”. Lalu kan biasanya ada sesi masang cincin di jari kaki jempol eh maksudnya jari manis pasangannya, dan kalo orang yang suka batu akik mungkin masangnya bukan cincin emas tapi cincin batu akik sebagai cincin pernikahannya.

Karena kepopuleran dan kemahalan batu-batu akik ini ada daerah yang menerapkan pajak buat masing-masing batu akik ini, emang orang Indonesia itu aneh-aneh batu akik aja ada pajaknya, bukan pajak batu akik aja yang aneh, tapi pajak ulang tahun segala lah, pajak jadian lah (ini yang paling menyenangkan bagi gua karena gua jomblo) dan ada pajak sawah lah eh maaf itu bajak sawah.

Dan ada SMK di daerah banjarnegara kalo gak salah,SMK itu memasukkan jurusan batu akik sebagai jurusan baru karena saking populernya batu akik ini, dan di situ ada cara pembuatan batu akik yang bagus itu kayak gimana, batu akik mana yang modelnya bagus sampe batu akik itu siapanya kolang-kaling. Dan mungkin kalo yang lagi populer itu begal motor , mungkin nanti ada jurusan pembegalan motor,dan ada cara pembegalan motor yang baik itu kayak gimana, terus korban mana yang harus di begal dan daerah mana yang aman buat begal motor kan kampret banget, Indonesia memang aneh.

Jenis-jenis batu akik itu memang banyak banget ada black oval lah, black marley lah,  gua gak apal semua jenis-jenisnya pokoknya banyak banget kayak rumus fisika, ada juga batu akik yang bisa metamorphosis namanya batu kecubung, dia bermetamorphosis jadi berudu, terus tumbuh kakinya dibelakang ada dua, terus di depan muncul lagi kakinya dua, lalu jadi katak kecil, dan terus jadilah kodok. Wah keren yah batu akik bisa bermetamorfosis jadi kodok , keren banget. Dan ada batu yang ganas yang sering banget tinggal di hutan namanya batu bacan, dia Ini sodaraan sama singa. Dan bisa melukai manusia karena saking ganasnya.Wah ada yang bahaya juga ternyata batu akik.

Ada juga batu akik seharga 5 milyar, bentuknya itu kayak batu, yaiyalah namanya juga batu.Tapi di dalamnya ada gambar legenda ratu pantai selatan nyi roro kidul yang sedang menari.Gua kasihan itu nyi roro kidul pasti kesempitan berada di dalem batu terus. Tapi bener deh  bentuk dan warna batu akiknya itu mirip banget sama legenda ratu pantai selatan itu. Yah pantes aja karena batu itu langka dan susah menemukannya makanya harganya sampe 5 milyar. kecoa dan bensin aja kalo langka harganya jadi mahal apalagi batu akik.

ada nyi roro kidulnya :(

Biasanya orang Indonesia kalo ada yang populer pasti di jadiin lagu, nah batu akik ini ternyata ada lagunya juga, gua gak tau nama bandnya apa yang menyanyikannya tapi di lagu itu menceritakan tentang batu akik yang lagi booming-boomingnya, ada juga orang yang memakai kalung batu cincin yang batunya beratnya 1 kg. bayangin aja ngangkat beras aja berat apalagi ngangkat batu akik. Pasti nanti tuanya dia jadi bongkok karena keberatan kalung batu akiknya.

Kemarin gua sempet berdebat dengan teman gua tentang batu akik dia mengungkapkan kenapa dia suka dan ngoleksi batu ginjal eh maksudnya batu akik, dia mengungkapkan alasan kenapa dia mengoleksi batu akik.

Menurut teman gua Herjunot ali biasa di panggil heri status dia masih jomblo, dia mengungkapkan  kenapa dia mengoleksi batu akik :
1.      Mempunyai Nilai Seni Tinggi

Yah katanya temen gua batu akik itu bernilai seni sangat tinggi dibandingkan air seni.Dari bentuk-bentuknya yang indah bagaikan cincin berlian yang di jual di tanah abang. Dan warnanya yang beragam bagaikan warna anak-anak ayam yang sering di jual abang-abang di depan SD yang  membuat dia suka sama batu akik ini.
Tapi menurut gua seindah-indahnya batu akik tetep dia batu dan nggak bisa ngalahin roky (batunya Patrick yang menang dalam perlombaan keong di spongebob). Seindah-indahnya batu akik masih indahan ciptaan allah, betul nggak?

2.      Bisa Nambah Ganteng

Menurut temen gua yang jomblo ini, katanya ketika kita memakai batu akik ini  kadar kegantengan kita bertambah 30%. Oke fix dia terlalu jomblo dan terlalu ngenes karena gak punya pacar dan ditolak sekian banyak cewek karena kurang ganteng.
Tapi menurut gua APANYA YANG BISA NAMBAH GANTENG.????????.menurut gua ketika orang make batu akik apalagi bagi kalian yang masih remaja kalian berasa lebih TUA dua puluh kali lipat dari umur kalian yang sekarang. Karena factor yang mempengaruhi penuaan dini itu ada 3 : yang pertama terkena sinar ultraviolet,  yang kedua terkena radiasi, dan yang ketiga memakai  BATU AKIK.

3.      Bentuknya mirip kolang kaling, saya suka kolang kaling

Menurut temen gua lagi karena dia suka kolang-kaling dan kolang-kalingnya nggak bisa di jadiin cincin akhirnya dia memilih batu akik di jadiin cincin, dan menurut dia kolang-kaling itu adalah wujud batu akik versi lembeknya kalo batu akik itu kolang-kaling versi keras dan hardnya.
Menurut gua pendapat ini okelah bisa di terima dengan baik asal batu akiknya aja jangan di makan.

4.      Punya Kekuatan Mistis

Tapi ini bukan menurut teman gua, tapi menurut kebanyakan orang-orang yang memakai batu akik bahwa batu akik ini mempunyai kekuatan magic, katanya bisa melindungi dari marabahaya, Mahabharata, bisa jadi jimat keberuntungan, dan ada juga yang katanya bisa menarik ketertarikan lawan jenis.
Tapi menurut gua itu adalah SYIRIK. Karena hanya allah yang bisa melindungi kita dari segala marabahaya, dan allah juga mengutuk bagi orang-orang yang berpendapat bahwa ketika memakai sesuatu barang karena ada jimatnya. Dosanya besar men. Taubatlah kalian sebelum allah murka. Karena Cuma allah tempat kita bergantung segala sesuatu.

Itu dia alasan temen gua memakai batu akik, tapi yang poin akhir atau poin ke empat bukan menurut temen gua, tapi menurut orang-orang yang gua Tanya mengenai batu akik dan yang ngoleksi batu akik, dan baru-baru ini ada berita dari MUI (Majelis Ulama Indonesia)  bahwa memakai batu akik itu haram hukumnya, tapi mungkin menurut MUI itu bukan batu akiknya yang haram karena batu akik itu batuan alam, tapi cara pemikiran orang tentang batu akik itu yang menjerumus pada hal-hal yang syirik dan membuat jadi haram.

disitu kadang saya merasa sedih


Tapi balik lagi ke orang-orangnya masing-masing kalo memakai batu akik Cuma karena mencintai keindahannya dan seninya itu it’s okay aja sih karena selera orang itu beda-beda, tapi memakai batu akik karena percaya bahwa batu akik mempunyai kekuatan mistis itu jatuhnya haram karena itu termasuk syirik, naudzubillahmindzalik. Oke sekian dari blog gua semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca blog gua wassalamuaikum warahmatullahi wabarakutuh. Salam ABC (Anak Batu Cincin)

1 komentar: