Anime

Sabtu, 07 Februari 2015

Pramuka Part 2





Lanjutan yang kemarin~~

Lalu gua langsung melanjutkan perjalanan ke tempat pramuka, semangat pramuka gua itu gak luntur walaupun hujannya deras, petir menyambar dengan kerasnya, angin berhembus dengan kencangnya, dan mantan yang minta ngajakin balikannya, karena kecintaan gua pada pramuka.Hidup anak pramuka. Tepuk pramuka “Prok..prok.prook.proook… prok.prok.prok… prok.prook.proook.prokkkprokk prokkk..”

30 menit perjalanan akhirnya gua nyampe juga di tempat pramuka dengan keadaan basah kuyub, seperti kehujanan, tapi emang gua kehujanan sih. Dan Alhamdulillah gua gak terlambat pramuka padahal pramuka mulai jam 08.00 tapi gua nyampe jam 08.30, dan  Pramuka di mulai tadinya sih jam 08.00 tapi karena hujan, di undur sampe hujannya berhenti, kampret. Gua udah bela-belain kehujanan dan acaranya baru mulai jam 09.30-an. Eh iyah gua lupa gua kan anak pramuka sejati gak boleh ngeluh sama kayak gituan.

Jam 09.30 acaranya pun di mulai, gua dan teman-teman gua yang lain baris di lapangan tanpa menggunakan sepatu alias nyeker. Karena di lapangan becek dan tergenang air hujan.Walaupun nyeker tapi gua dan teman-teman gua antusias mengikuti kegiatan pramuka Yang jarang di adakan ini.

Pertama-tama pembinannya membagikan regu atau kalo udah penegak namanya itu sanggah, gua pun deg-degan jangan sampe gua satu sanggah sama mantan gua, nanti gua susah move on nya. Akhirnya ketika nama gua di sebut, gua satu sanggah sama temen sekelas gua, dan gua beruntung banget dapet satu sanggah sama temen sekelas semua. Tapi gua kecewa gak ada cewenya, gak ada yang bisa di jadiin gebetan, huft.

Setelah pembagian regu itu, baru pembukaan acara pramukanya, dan biasa, setiap acara-acara  gitu selalu di awalin dengan upacara gitu, bukannya setiap apa saja yang di lakukan itu harus di awalin membaca do’a atau bismillah malah upacara. Aneh.

Walaupun anak pramuka tapi kalo upacara-upacara gitu gua juga bĂȘte dan ngantuk sih. Setelah ngantuk ketika pembukaan dan ngomong-ngomong pembinanya, acara-acara yang gua tunggu akhirnya datang juga yaitu acara jelajah tapi sebelum acara jelajah di mulai, gua dan se-regu gua harus menjawab pertanyaan tentang pramuka dulu kalo jawabannya bener langsung berangkat, kalo salah yah tahun depan berangkatnya, eh enggak pokoknya nunggu bener dulu baru bisa berangkat.

Kebetulan temen regu gua itu orangnya lumayan (nggak)pinter jadi gua berangkatnya lebih awal karena langsung bisa menjawab pertanyaan tentang pramuka itu.

Rintangan pertama yang harus gua dan temen se-regu gua  hadapin adalah di suruh makan cacing sama Pembina gua. Gua  berasa kayak bugimen yang di smack down yang suka makan cacing, ngebayangin makan cacing aja itu enek apalagi makannya bahkan temen gua udah muntah cacing duluan sebelum makan cacing, tapi sebenernya gua makan cacing gapapa sih daripada makan temen sendiri kan gak gentle man banget, oke sebagai anak pramuka sejati yang tak takut apapun kecuali mantan. Gua ngelakuin hal yang EKSKRIM BANGET INI, JANGAN DI TIRU INI ADEGAN GAK BERBAHAYA. Tapi enaknya sih bisa di suapin sama Pembina yang  lumayan dan lumayan juga buat manas-manasin jomblo. Karena di suapin juga gua nggak bisa ngelepehin cacing itu, yah terpaksa cacingnya gua telen aja, rasanya kenyel-kenyel kaya mie gitu deh kalo mau coba ini gua jual 2 cacing satu ringgit.

Temen-temen gua pun bahkan sampe ngeludahin pembinannya biar gak makan cacingnya itu.tapi karena Pembina gua tegas akhirnya temen gua takut juga dan melakukan hal es krim juga yaitu makan cacing besar Alaska.
Dan ketika gua dan temen se-regu gua berhasil makan cacing itu, ternyata gak ada yang muntah weh ajaib bener, usut punya usut cacing itu dulunya sering makan daun herbal dan ekstrak kulit manggis M***** (nama merk harus di sensor) jadinya cacingnya itu bisa buat obat mual.

Rintangan yang kedua adalah menyusurin jalan yang penuh lumpur, ini udah kayak kebo yang biasa bajak sawah aja, tapi sekali lagi pramuka sejati gak takut halangan rintangan apapun kecuali tuhan, orangtua dan mantan, asek.

Oh yah dalam berjelajah ini gua sama sekali gak pake alas kaki alias nyeker, walaupun kaki ke tancep paku, paku bumi pun gak masalah asal gak mati aja sih. Lalu gua menyebrangi samudra lumpur dengan penuh riang gak gembira dan khawatir juga soalnya licin kek habis di pel.Gua pun hampir terjatuh jika gua gak megang ranting pohon, “oh ranting pohon kau adalah penyelamat jiwaku dari ganasnya lumpur ini. Terimakasih ranting pohon” ngomong sama ranting pohon/.

Oke setelah menyebrangin samudra lumpur, gua dan temen se-regu tiba di pos 2 yaitu di suruh menjawab pertanyaan tentang pramuka. Kalo gak bisa di coret make lumpur sawah kalo bisa nggak di coret tapi di colek , itu sama aja yah , udah lanjut lalu pembinanya memberikan pertanyaan

“Siapakah bapak pramuka sedunia.?”

Temen se-regu gua langung pada menjawab “ BADEN POWELLL”

“Salah, kurang tepat,” kata pembinanya sambil mencoret lumpur sawah ke wajah semua anggota.

Gua ngomong dalem hati “itukan jawabbannya bener napa di salahin.kampret”

“pertanyaan kedua, apa kepanjangan pramuka?

“PRAJA MUDA KARANA LARASATI” gua menjawab gitu biar gak di coret. Soalnnya jawab bener aja di coret berarti jawab salah nggak di coret, itu pikiran gua saat itu.

“Siapa yang bilang tadi.?” Kata pembinanya

“SAYA KAA!!!!” dengan tegas gua langsung jawab dan menunjukan jari (tengah) gua.

“itu KIRANA LARASATI bukan karana. Kamu salah. Push up sambil berbaring cepat 10 kali.”

“tapi gimana caranya push up  sambil berbaring ka.?!”

“PIKIR PAKAI OTAK. Makanya..!!”

“Oke.”

Sehabis itu gua mikir dulu apa bisa push up sambil berbaring, dan beberapa saat kemudian “ahaa..gua tau mungkin push up berbaring itu kayak ibu-ibu yang mau ngelahirin oke gua coba” setelah itu gua coba push up ibu-ibu yang mau ngelahirin sambil mulutnya di gerakin tarik nafas dan sambil teriak biar kayak ibu-ibu hamil beneran.

Setelah gua berhasil menyelesaiin misi pertanyaan tentang pramuka yang pembinanya aneh itu, gua dan se-regu berjalan menuju pos 3, gua di suruh muterin perumahan padahal ketemunya Cuma di situ-situ lagi, gua di suruh muter-muter enak kalo ada viar mah, tapi kalo jalan itu rasanya udah kayak naik pesawat muterin galaksi bima sakti sampai 5 kali.

Setelah gua berjalan menikmati indahnya pemandangan cewe cantik, eh maksudnya pemandangan sawah yang masih alami nan indah, akhirnya gua nemu pos 3, di pos 3 ini gua dan temen se-regu gua di suruh nyanyi yel-yel yang udah di buat.

Karena gua dan temen se-regu udah buat yel-yel tinggal tunggu aba-aba dari om ketua.
“1.2.3 nyanyi semua” kata om ketua..

“PRAMUKA TUH DISINI DI DALAM HATIKUUUU~~~~, PRAMUKAA TUH DI SINI DI DALAM JIWAKUU~~~, PRAMUKA TUH DISINI DI DALAM HATIKUUU~~~, PRAMUKA TUH DISINI DI DALAM JIWAKUUU~~~ SANGGAHHH 5 DARI KELAS IPA 6~~ SANGGAH 5 DARI IPA 6~~~” nyanyi bareng make nadanya cita-citata (sakitnya tuh disini).

Setelah yel-yel berhasil om ketua dapet hadiah sedotan yang nemu di tong sampah terus di pasang di tangannya om ketua.

“Hadiah macam apa itu.??!!!” Kata temen se-regu gua.

“udah lanjut sana, daripada saya coret mukanya make semen tiga roda.” Kata pembinanya.

Pos 3 pun selesai, akhirnya gua melanjutkan mencari pos 4, gua dan temen se-regu gua berjalan lagi menyusurin sungai ,danau ,lautan ,gunung berapi, gunung yang nggak berapi ,lembah,hutan ,lembah madu. ini udah kayak ninja hatori yang lagi berpetualang aja.

Setelah sekian lama berjalan di tempat akhirnya gua dan temen se-regu gua menemukan pos 4, betapa bahagianya ini bahkan lebih bahagia daripada di terima gebetan jadi pacar pokoknya bahagia banget deh, setelah nyampe pembinanya bilang “lepaskan barang berharga kalian lalu kumpulkan ke ketuanya.”.dan ada satu temen gua yang ngelawak “tapi barang saya udah permanen kak gak bisa di lepas (itu yang di bawah puser).” Ceplos temen gua.

“Itu siapa yang ngomong?”

Lalu semua terdiam dan membisu seperti lagunya d’masiv diam tanpa kata. Tiba-tiba temen gua yang nyeplos tadi memberanikan diri untuk angkat kaki eh maksudnya angkat tangan,

“OH kamu, yaudah kamu di hukum, push up menggunakan hidung.!!!”

“gimana caranya kak.??”

“kalo nggak bisa yaudah pake tangan aja susah banget.”

“bukannya bilang dari tadi….”

Temen gua pun Push up dengan ekspresinya yang lucu, walaupun push up tapi mulutnya masih komat kamit kayak mbah dukun baca mantra sambil ngobatin pasienyaa lalu pasien di sembur burrrr~~~, eh malah nyanyi. Lanjut sehabis temen gua nyelesain hukumnya kita semua di suruh melewati rintangan yang biasa aja sih menurut gua, tapi bagi anak yang nggak pernah pramuka mungkin ini adalah rintangan yang cukup es krim.

Kita se-regu, pertama harus melewatin tali dan jalannya harus tengkurep seperti kita pengen perang melawan ISIS, dan pas banget habis hujan dan tanahnya menjadi basah-basah-basah, basahnya 3x aja cukup. Pertama yang jalan adalah temen gua yang di hukum pancung eh maksudnya di hukum push up tadi dia sukses melewati rintangan ini, dan gua ada di urutan ke-4 untuk melewati rintangan ini.

Gua sebelum melewati rintangan ini, gua harus menandatangin sertifikat asuransi kematian biar kalo terjadi apa-apa gua gak apa-apa. Dan gua baca doa dulu sebelum melewati ini soalnya kalo baca yasin kelamaan, dan  temen-temen gua di belakang udah pada teriak “WOY FAN, CEPET!!” lalu gua jawab “nanti gua baca doa dulu, karena sebelum melakukan apa-apa kita harus berdoa, minimal baca bismillah.”

Dan setelah itu gua mengumpulkan adrenalin buat melewati rintangan ini, lalu gua langsung melewati rintangan itu dengan berhasil walaupun baju gua kotor karena terkena lumpur yang kenyel-kenyel dan di siram air sawah oleh Pembina kampretnya itu.

Habis itu gua melewatin tali yang di bikin sedemikian rupa kayak jaring laba-laba, tapi gak ada miripnya banget sih sama jaring laba-laba, temen gua yang pertama sukses dan gua pun sukses walaupun hampir jatuh karena kaki tersangkut oleh jaring laba-laba yang mirip tali rafia yang di iket-iket doank ini.

Setelah sukses melewati jaring laba-laba yang absurd itu, kita semua harus melompati jurang yang lebarnya pun lebih dari 100 cm eh itu pendek yah, yah kira-kira 200 cm lah. satu persatu temen gua sukses melewati jurang yang nggak dalem-dalem amat sih Cuma selutut doank, temen-temen gua berhasil dan sekarang adalah giliran gua, gua nggak taukenapa pas giliran gua  selalu aja ada halangannya mungkin gua nggak sholat duha jadinya sial terus nih, suee.

Pas giliran gua, entah gua kurang ancang-ancang atau kuda-kuda atau kecoa-kecoa. Gua gak nyampe melompati jurang itu atau jangan-jangan ini di tarik sama setan biar gua jatoh gua gak tau, dan byurrr  Gua pun masuk jurang  yang mirip got itu dengan indahnya.

Kebiasaan orang Indonesia ini adalah kalo ada orang yang celaka pertama di ketawain dulu dan yang kedua baru di tolongin. Dan itu pun terjadi pada gua, temen-temen gua dan pembinanya yang pertama ngetawain gua dulu sampe puas yang kedua baru nolongin gua, kan kampret.tapi gua bersyukur masih ada yang nolongin gua.

Setelah drama jatoh ke got akhirnya kita mandi bareng di sungai yang nggak jernih-jernih banget untuk membersihkan diri dari kotoran yang menyelimuti  badan kita, dan membersihkan baju dari debu-debu abu vulkanik encer alias lumpur.

Gua berharap di sungai itu ada bidadari-bidadari yang mandi atau yang sedang lewat situ biar bisa di ajakin mandi bareng tapi gua sadar itu adalah sebuah dongeng yang nggak masuk akal, huft, dan Ada aja temen gua yang sempet-sempetnya berenang-berenang di sungai, katanya biar badanya nggak lengket lagi dan ada juga yang mencari ikan cupang buat jadi biduan eh maaf maksudnya buat aduan.

Karena keasyikan mandi dan mencuci pakaian layaknya timun mas nyuci di sungai yang di suruh ibu tirinya yang kejam, tanpa tersadar kaos dalam gua hilang pas lagi nyuci baju di sungai itu. Dan mungkin itu hanyut di sungai dan di makan oleh buaya yang suka makan kaos dalam atau kaos kutang gua kali, yaudah deh gua ikhlasin aja kaos dalamnya, gua anggap itu sedekah buat buaya yang ada di situ.

Lalu habis itu gua berjalan dengan muka murung dan penuh kecemberutan merelakan kaos kutang gua yang sangat berharga hanyut di sungai dan di makan buaya yang doyan kaos kutang. Setelah itu kita melanjutkan misi ke pos 5 yaitu balik ke tempat asal mula kita mulai penjelajahan yap tepat balik ke sekolah.
Di perjalanan balik ke tempat asal, gua jalan di pinggiran kali dan lagi asyik-asyiknya ngobrol dan menyanyikan yel-yel tadi tiba-tiba kaki gua berasa kayak nginjek kulit pisang dan hampir jatuh, dan yang terakhir pas gua berjalan di pinggir kali gua terpleset dan jatuh dengan keadaan  indah, dan kembali lagi bukannya di tolongin malah di ketawain, sialan, tapi untungnya gua gak jatoh ke sungai tadi padahal gua jatohnya persis banget di pinggir sungai itu. Alhamdulillah.

Kalo gua jatuh ke sungai mungkin gua udah gak selamat, Karena saat itu air sungainya tuh deras kayak habis hujan dan bendungan katulampa di buka. Pokoknya deras deh airnya.Lalu setelah terpleset tadi gua langsung melanjutkan jalan lagi balik ke sekolah.

Gua berjalan melewati pasar yang sedang ramai-ramainya dan pada nengok ke arah regu kita semua. Dan ada ibu-ibu yang tiba-tiba nyeleneh ngomong “tong lu habis maen dimana, badan lu dekil banget kayak nggak mandi 3 tahun.” Mampus regu gua di bilang gitu sama ibu-ibu lewat, tadinya gua pengen jawab “HABIS MENDAKI GUNUNG EVEREST, NYEBRANGI LAUTAN MERAH DAN MAIN BARENG LUMBA-LUMBA DI SAMUDERA ATLANTIK. BU!!!!!” Tapi sebagai anak pramuka yang taat pada orang tua, akhirnya gua memendam rasa pengen marah itu, dan gua diem aja sambil jalan dan melanjutkan misi ke sekolah.

Beberapa menit kemudian akhirnya gua nyampe di sekolah sekitaran jam setengah 13.30 siang, gua langsung mandi, makan bekel yang di bawa dari rumah dan sholat dzuhur. Setelah sholat dzuhur gua dan temen se-regu  gua di suruh baris di lapangan.

Dan kita di suruh tutup mata oleh para pembinannya dan berbaris menuju sebuah ruangan yang sangat rahasia.Gua baris sambil menutup mata, mata kaki dan ngantri untuk memasuki ruangan rahasia itu dan ngantrinya itu panjang banget kek ngantri dapet daging qurban saat idul adha pokoknya pannjangg banget deh ngantrinya.
Setengah jam menunggu akhirnya regu gua masuk juga ke sebuah ruangan rahasia, gua kira di ruangan rahasia itu ada harta karun yang sangat banyak eh ternyata enggak, ternyata ruangan itu gelap dan hanya di terangi oleh lilin-lilin kecil, padahal saat itu nggak mati lampu.

Gua curiga ini adalah kerjaannya para dukun yang mau persugihan dan mau ngepet orang atau jangan-jangan gua lagi ada di acara [MASIH] dunia lain di Tra** 7. Dan gua pengen ngomong ke kamera “astagfirullahalazim saya melihat bayangan saya sendiri mas, saya nyerah mas, saya nyerah.!!” *sambil melmbaikan tangan ke kamera* Tapi ketika gua liat-liat lagi nggak ada kamera yaudah gua nggak jadi ngomong kayak gitu.

Ketika ada di ruangan itu suasana yang tadinya ceria berubah seketika menjadi tegang, bulu kudukku pun berdiri dan merinding ada di ruangan itu, ternyata ini bagian terakhir dari pramuka gua yaitu pelantikan anggota pramuka dan baca janji pramuka.

Kita membaca semua dengan penuh hikmat sambil mengepalkan tangan kiri dan menempelkannya di dada seakan-akan kita menjadi pramukawan sejati.Setelah pembacaan janji pramuka ketua pembinannya ngasih kacu sebagai pertanda suksesnya kita menjalankan misi pramuka ini, wah betapa bahagia dan bangga banget gua bisa menjadi anak pramuka sejati seutuhnya.

Dan belom selesai sampai situ aja, ternyata kacu yang di kasih oleh ketua pembiannya itu bukan kacu milik gua melainkan kacu orang lain dan kacunya itu punya cewe halah. Tapi karena gua nggak pengen rugi kacu yang baru langsung hilang yaudah gua bawa pulang aja.dan ketika gua jalan ada cewe yang menanyakan
“eh itu kacu gua yah namanya V***** dari kelas ********”

dan gua jawab “iyah bener, ini beneran kacu lu?”

“iyah”

Yaudah karena itu milik dia dan bukan milik gua akhirnya gua balikin lagi ke orangnya, dan kacu gua belum ketemu, sialan.Drama pencarian kacu itu pun berlanjut gua menanyakan ke temen gua sampe-sampe gua menanyakan ke satpam sekolah.

Yah karena udah 15 menit gua menanyakan ke orang-orang dan nggak ada yang tau kacu gua di mana, akhirnya gua mengadakan sayembara bagi yang menemukan kacu gua bila itu cewe di jadiin pacar, dan bila itu cowo di jadiin pacar juga, pacar ikan peliharaan gua.

Tapi yaudah lah gua ikhlasin aja lagi, setelah kaos dalam gua hanyut dan kacu gua hilang entah kemana dan temen gua juga kehilangan kacu, dan yang masih tersisa adalah rotan yang buat ngiket kacu.Akhirnya gua pulang kerumah sambil memakai rotan itu buat cincin karena batu akik sudah terlalu mainstream, dan gua pulang dengan perasaan bangga dan belajar mengiklaskan hal yan sudah hilang. SELESAI..


Pramuka itu adalah lambang keberanian dan kemandirian, pramuka itu tidak takut halagan apapun meskipun ini membahayakan diri kita sendiri, pramuka itu penuh perjuangan.Dan pramuka itu mengajarkan kita agar hidup itu harus di perjuangin.Dan di pengalaman pramuka gua ini gua belajar mengikhlaskan barang yang hilang.Pokoknya lengkap deh dalam pramuka ini.Dan kalo mau cari pacar.Pacarilah anak pramuka seperti gua ini hehe karena anak pramuka itu peka terhadap kode-kode.Apalagi kode dari kamu.sekian blog gua terimakasih sudah membacanya semoga bermanfaat buat kalian. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh . Salam Pramuka.

1 komentar: