Anime

Minggu, 22 Februari 2015

Imlek





Perayaan Hari Raya Cina atau biasa di sebut Hari raya imlek itu emang biasanya itu sangat meriah dan biasanya juga selalu turun hujan, gua gak tau kenapa turun hujan terus apa karena ada pemanggil hujan atau apalah gua nggak tau tapi katanya orang cina kalo imleknya gak hujan itu kurang hikmat ibadahnya.

Di keluarga gua itu kaga ada yang cina kecuali hape gua yang cina. Walaupun hanya hape cina, gua tetep mengucapkan GONG XI FA CAI ke hape cina gua, karena gua itu orangnya toleransi agamanya sangat tinggi, bahkan tingginya sampe menembus langit ke tujuh.

Gua berharap setelah gua ngucapin GONG XI FA CAI ke hape cina gua, gua bakalan dapet ang pao gitu dari hapenya kek pulsa gitu atau gebetan gitu, eh  taunya enggak, aku sedih. tapi yang cina bukan hape gua doank tapi tetangga gua juga cina, bahkan gua di kasih kue keranjang sama tetangga dan dua buah ang pao.

Gua awalnya mengira kue keranjang itu adalah kue yang sering kegatelan atau sering ngeliat cewek cantik eh maaf itu laki-laki mata keranjang yah?, maaf aku salah. Ternyata  kue keranjang itu adalah dodol yang sering gua makan di jawa, mungkin kalo di jawa namanya itu jenang. Cuma bentuknya aja yang agak beda. Kalo dodol di jawa bentuknya panjang kalo kue keranjang itu bentuknya kayak keranjang, ya iyalah soalnya namanya aja kue keranjang. Bukan deng yang bener itu bentuknya kayak segi lima gitu dan agak gede lah.


Udah mirip dodol belum nih? rasanya sih gak jauh beda. lah  11-2.000.000 lah

Rasanya kue keranjang itu emang bener-bener mirip banget sama dodol. Rasanya manis-manis dan kenyal-kenyal menggelikan gimana gitu yah pokoknya mirip banget sama dodol lah. Dan satu lagi gua di kasih ang pao isinya “anda belum beruntung, silahkan coba lagi” kampret tetangga gua. Tapi yang ang pao satu lagi ada duitnya yah walaupun hanya 20 ribu tapi lumayanlah buat neraktir makan gebetan di warteg mak ijah.

Imlek tahun lalu, gua di ajak sama sodara gua buat liat atraksi barongsai di bogor. Gua lupa nama tempatnya itu tapi di situ banyak orang yang sedang melihat atraksi barongsai yang menurut gua lumayan yoi lah, dan akhirnya gua bisa menyaksikan naga boongan yang menari-nari di atas sebuah tiang gitu. Keren dan gokil deh pokoknya, lu harus coba jadi naganya deh.

Ini Dia barongsai yang genit


Gua mengira barongsai itu naga yang sering di pake di sinetron-sinetron indosiar yang naikin naga itu, tapi ternyata enggak. Konon katanya orang-orang cina itu dulu di lindungi oleh naga-naga biar gak di serang sama musuh-musuhnya tapi nggak tau deh gua Cuma ngayal doank haha.

Lagi asik-asiknya atraksi barongsai ini tiba-tiba ada seorang anak, gua gak tau ini anak siapa mungkin ini anaknya MAD DOG. Dia itu beranian langsung naik ke punggungnya para penari barongsai itu. Dan ibu-ibu yang ngeliat itu langsung nge-respon bilang “tong turun tong nanti jatuh, aduh ini anak siapa sih, woy tong turun nanti di makan naganya loh.!!!” Teriak ibu-ibu itu.

Dan ternyata anak bocah kecil yang beranian itu adalah bagian dari atraksi barongsai dan dia udah di latih jadinya selaw aja. dan naga barongsai itu genit masa gua di kedipin mulu, gua rasa naga barongsainya itu jomblo stadium 4 mungkin.

Mungkin kalo cewek yang imannya lemah mungkin langsung jatuh hati kepada barongsainya itu dan langsung pacaran, nikah, punya anak, dan anaknya naga berkepala manusia ih serem yah. Makanya kuat kan lah iman kalian wahai kaum hawa.

Setelah melihat atraksi barongsai yang genit itu, gua melihat-lihat pernak-pernik saat perayaan imlek. Di perayaan imlek itu gua melihat tulisan orang-orang cina, lampion yang warnanya merah, buah jeruk mandarin yang warna merah dan pokoknya pernak-perniknya warna merah. Katanya sih warna merah itu banyak ong-nya. Tapi kalo merah jambu itu tandanya warna pink.

Dan disitu ada sebuah kelenteng yang membagi-bagikan angpao kepada orang-orang yang tidak mampu, dan disitu juga gua pura-pura menyamar jadi pengemis biar dapet ang-pao kan lumayan lah buat isi ulang air galon rumah. Tapi melihat banyaknya yang ngantri dapet angpao gua mengurungkan niat gua nyamar jadi pengemis, mungkin pas giliran gua ang-paonya Cuma kertas dan nggak ada duitnya, kalo pun ada isinya paling Cuma tulisan “maaf anda kurang beruntung” huft.

Beberapa saat kemudian terdengar suara ledakan. Gua kira ini adalah bom atom yang di ledakkan dulu di kota Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 agustus dan 9 agustus 1945 di jepang pada saat perang dunia ke-2 oleh amerika dan yang membuat jepang menyerah kepada sekutu. Wah tapi dugaan gua salah, ini Cuma petasan katanya sih semakin besar bunyi petasanya semakin banyak ong-nya.

Dan sebagai oleh-oleh buat di rumah nanti gua dan sodara gua membeli buah naga, gua bingung jadi sebenernya naga itu hewan atau buah sih?, gak konsisten banget emang naga ini, kalo buah yah buah aja, kalo hewan yah hewan aja.

Gua curiga di dalam buah naga itu nanti ada kejutan naga yang keluar dari buahnya dan menyemburkan sapi eh maksudnya api dan mengatakan “april mop” tapi ternyata enggak. Buah naga itu ternyata rasanya enak banget manis ke asem-aseman gitu sama kayak rasa bulu ketek gitu deh, eh tapi bener buah naga rasanya itu enak. Lalu gua dan sodara gua membeli 1 kg buah naga buat ngasih makan naga, eh maksudnya buat oleh-oleh di rumah. Selesai.

Iyah toleransi antar umat beragama itu sangat penting biar hidup kita saling membantu satu sama lain, walaupun gua beragama islam  tapi gua menghormati agama-agama lain. Agar tidak terjadi kesenjangan antar umat beragama, karena kalo udah ngomongin agama itu biasanya sangat bahaya apalagi kalo ngejek-ngejek agama lain bisa perang dunia ke-3. Oke assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam naga bonar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar