Anime

Selasa, 23 Juni 2015

Ngeluh Nggak Bakal Bikin Bahagia

sambil membaca blog gua mending denger lagu ini :







Stop Mengeluh



Mungkin kalian sering denger atau ngeliat orang dikit-dikit update status “duh panas banget nih !” tapi ketika allah memberikan hujan kepada dia, dia malah ngeluh lagi “Ya Allah kenapa hujan !!”. itu salah satu orang yang nggak mau bersyukur atas nikmat yang allah berikan kepada dia.

Gua juga pernah denger penjual es krim ngeluh saat hujan “ya allah kenapa hari ini hujan, kan dagangan saya jadi nggak laku.!” Sebenernya allah ngasih hujan buat rezeki orang lain, emang hambanya allah Cuma dia doank, nggak kan.? . misalnya ketika hujan, allah lagi ngasih rezeki buat pedagang bakso atau pedagang jamu. Karena kalo hujan banyak orang yang mencari bakso dan jamu buat hangatin badannya.

Dan gua juga sering denger keluhan “kenapa muka gua nggak secantik dia sihh!!!”, oke ini adalah takdir allah, kalo lu rubah muka lu dengan cara operasi plastik tandanya lu nggak bersyukur kepada allah SWT, kalo lu nggak bersyukur mungkin allah akan menegur lu dengan cara yang lebih parah lagi, bisa aja ketika lu pengen ngerubah wajah lu jadi cantik eh ternyata pas operasi plastic ternyata operasi plastiknya gagal, dan muka lu makin nambah hancur? .naudzubillahmindzalik. Contohnya aja mpok atiek deh dia pas waktu muda karena nggak pede dengan bentuk bibirnya, akhirnya bibirnya disuntik silicon supaya bibirnya lebih seksi?. Tapi apa daya suntikan itu mungkin hanya beberapa tahun saja bertahan tapi sekarang? Dia menyesal karena perbuatannya itu dan bibirnya mohon maaf, bibirnya jadi dower. Jadi masih berani ngeluh?.

Gua juga dulu sering ngeluh kenapa gua nggak ganteng?, dan akhirnya gua mencoba sabun dan cream punya ibu gua biar gua jadi ganteng, karena dulu gua terobsesi banget jadi ganteng. Gua ngeliat iklan cream yang tadinya orangnya jelek bisa jadi ganteng. Akhirnya gua coba deh, kalian tau hasilnya apa? .iyah muka gua jadi nambah hancur dan jadi banyak jerawatnya, dan Alhamdulillah sekarang muka gua udah kayak semula lagi.

Disitu gua sadar, kalau ngeluh itu gak bergunasama sekali bagi hidup gua.

Disini gua akan ngasih contoh akibat ngeluh, gua punya temen sebut saja dia bawang Bombay, si bawang Bombay ini punya orangtua, orangtuanya ini cukup kaya tapi orangtuanya ini ngebatasin dia untuk bermain dan harus lebih banyak belajar. Suatu hari dia ngeluh “kenapa sih orangtua gua ngelarang gua buat main sepuasnya. !!!!.sementara anak yang lain bisa main sepuasnya??!!, allah gak adil nih !!!. dan kenapa orangtua gua galak banget !!!!!!” dia ngeluh seperti itu hampir setiap hari. Apalagi ketika melihat temannya yang lagi asik main sementara dia hanya di rumah dan disuruh belajar oleh orangtuanya.

Ngeluhnya dia pun makin menjadi, dia nangis dan marah tidak terkendali karena orangtuanya nggak boleh dia main sangat bebas, karena orangtuanya kepingin dia jadi orang yang baik dan tidak terpengaruh pergaulan bebas jaman sekarang.

Karena nggak tega dengan anaknya, akhirnya orangtuanya si bawang Bombay ini membolehkan dia main sepuasnya.Tapi dengan catatan habis main langsung belajar. Tapi ketika dia selesai main, pas disuruh orangtuanya belajar, dia pun ngeluh lagi “buat apa sih mah belajar, belajar itu bikin pusing enakan juga main.! Dan kan aku masih capek habis main” Lalu orangtuanya pun membiarkan dia untuk istirahat karena saking sayangnya orangtuanya kepada dia. Akhirnya si bawang Bombay pun istirahat dan tidak belajar.

Suatu hari dia ngeluh lagi.“Pak aku mau beli hape yang baru, yang ini udah gembel. Aku pengen beli hape yang lagi ngetrend pak !!! , biar kayak temen-temen aku !!!”. karena saat itu bapaknya lagi nggak punya uang, bapaknya pun hanya menjawab “ nanti aja yah dek bapak lagi nggak ada uang.”. si bawang Bombay pun langsung ngeluarin jurus jitunya dengan menangis sekencang-kencangnya dan marah-marah lalu merusak barang yang ada dirumah.

Karena kasihan dengan anaknya yang kepingin beli hape baru, bapaknya pun langsung mencari utang kesana kemari dan ke tetangganya.Akhirnya pun si bawang Bombay dibelikan hape yang dia mau itu oleh bapaknya.

“makasih yah pak” kata si bawang Bombay.

“iyah sama-sama nak, jangan nangis lagi yah.” kata bapaknya dengan tersenyum sambil mengusap-usap rambut si bawang Bombay.

Beberapa bulan kemudian ketika kedua orangtuanya berangkat kerja, orangtuanya pun kecelakaan di jalan saat mau pergi kerja, motornya ditabrak oleh truk tronton yang remnya blong.

Seketika kedua orangtuanya terpental jauh, kepala mereka berdarah sangat banyak seakan-akan darahnya tidak akan berhenti mengalir. Lalu orang-orang yang ada disana langsung membawa kedua orangtua si bawang Bombay ini kerumah sakit.

Tapi karena darahnya habis saat berada dalam perjalanan menuju ke rumah sakit, akhirnya orangtua mereka pun menghembuskan nafas terakhir mereka di rumah sakit itu.Dan polisi pun langsung menelpon si bawang Bombay.

“halo apakah benar ini keluarga dari pak Masduki (bukan nama asli) dan ibu rahmah (bukan nama asli).” Kata polisi itu.

“iyah benar pak saya anaknya, emang ini siapa yah?” kata bawang Bombay dengan terheran-heran.

“saya polisi, saya pengen ngabarin berita duka cita.” Kata pak polisi.

“BERITA DUKA CITA APA PAK, BAPAK JANGAN BERCANDA YAH !!” kata bawang Bombay dengan marah-marah, sekaligus penasaran.

“gini dek, Innalillahi wa innalillahi rojiun, kedua orangtua adek meninggal dunia karena kecelakaan karena ditabrak oleh truk tronton pada pagi tadi.” Kata polisi.

“APA.!!! GAK MUNGKIN INI PAK NGGAK MUNGKIN…” dengan nada kaget sekaligus tidak percayaakan kabar itu.

“iyah bener dek saya nggak bohong, adek bisa dateng ke rumah sakit bla-bla-bla deh. Ini saya kasih alamatnya di sms aja yah.”

“……..”.lalu si bawang Bombay pun langsung menutup telponnya dan menangis histeris lalu memberitahukan kabar duka cita ini ke adek-adeknya dan tetangganya, dia menangis histeris, adek-adenkya pun juga menangis histeris. Dan ada salah satu tetangganya yang mau menghantarkan dia ke rumah sakit untuk melihat orangtuanya.Dia dan adeknya pun langsung ke rumah sakit dimana kedua orangtuanya meninggal dunia.

Sesampai di rumah sakit dan melihat jenazah kedua orangtuanya, dia pun langsung Meluapkan kesedihannya, menangis histeris, dan bahkan dia sampe pingsan karena tidak kuasa menahan tangisannya.Adek-adeknya pun juga menangis histeris.Dan saudara-saudara si bawang Bombay pun langsung pada menenangkan bawang Bombay dan adik-adiknya.

Beberapa jam kemudian jenazah kedua orangtuanya itu dibawa pulang untuk dimandikan dan disholatkan, lalu langsung dikubur di pemakaman yang terdekat dari rumah bawang Bombay.
Ketika sampai di pemakaman, dan jenazah orangtuanya pengen dikubur. Bawang Bombay pun menangis lagi dan tangisanya pecah saat kedua orangtuanya dimasukin ke liang lahar. Bahkan saudaranya pun berusaha untuk menenangkan dia.

“BAPAK… MAMAHH JANGAN NINGGALIN AKU SENDIRIAN!!!!!, KASIHAN ADIK-ADIK MAH NGGAK ADA YANG JAGAIN!!. MAMAH PAPAH MAAFIN KESALAHAN AKU YANG SELALU NGELUH KE KALIAN. MAMA PAPA JANGAN PERGIIIIII…!!!” begitulah teriak bawang Bombay sambil menangis.

Tapi apadaya orangtuanya sudah tiada, mungkin orangtuanya masih dengar dengan teriakan si bawang Bombay, tapi orangtuanya nggak bisa jawab karena arwahnya sudah tiada.

Setelah dikubur akhirnya bawang Bombay menyesali perbuatannya dulu kepada orangtuannya, yang selalu mengeluh bila nggak dibeliin hape baru dan menangis minta dibeliin hape.Dan selalu mengeluh kenapa dia nggak dibolehin main seperti anak-anak yang sebaya dengan dia.

Dia sadar orangtuanya seperti itu karena orangtuannya sangat sayang kepada dia, dia menyesal karena nggak bisa bersyukur atas apa yang diberikan allah kepadanya. Mungkin orangtuanyanggak terlalu kaya, tapi orangtuanya sangat baik terhadap anak-anaknya.Dia pun menyesali perbuatan yang sering ngeluh itu dan belajar bahwa bersyukur itu sangat penting bagi dia. SELESAI.

Dari cerita ini bisa diambil kesimpulan ngeluh itu nggak ada gunanya, ngeluh itu nggak bakal bikin kalian bahagia, NGGAK BAKAL!. Justru hanya orang-orang LEMAH saja yang setiap hari kerjaannya hanya ngeluh doank tanpa mau bersyukur atas apa yang diberikan allah kepada dia.

Dan bersyukur itu bukan sekedar bilang “Alhamdulillah” doank, kalo bersyukur Cuma gitu doank semua orang juga bisa. Tapi bersyukur itu menjaga apa yang dikasih allah, tidak ngeluh atas apa yang dikasih allah, bilang alhmdulillah bila mendapat rezeki dari allah, tidak berfoya-foya, dan masih banyak lagi.

Dan mungkin kehilangan orang yang kita sayangi adalah sebuah teguran dari allah, supaya kita bisa lebih bersyukur lagi atas nikmat yang diberikan allah swt kepada kita, jadi bagi kalian yang masih punya orangtua komplit, bersyukurlah. Jangan durhakai dia, jangan sakiti hati dia karena berkat orangtualah kita ada di dunia ini.Dan senantiasa berperilaku baik terhadap orangtua, tidak membangkang kalo disuruh.

Yuk sama-sama introspeksi diri kita, gua juga sebenernya sering ngeluh sama kok kayak kalian gua sadar, bahwa Mengeluh itu hanya bagi orang-orang yang lemah. Dan mengeluh itu gak ada gunanya.Makanya sekarang kurang-kurangilah mengeluh dan banyak-banyaklah bersyukur.

Dan bersyukur itu bukan hanya menerima takdir aja, tapi kita juga harus termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.Oke segitu aja pesan-pesan nggak penting dari gua, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Buat kalian yang sering ngeluh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar