Anime

Sabtu, 06 Juni 2015

Hal-hal Yang Selalu Ada Saat Ulangan/Ujian

Ujian nyali


Udah lama nih gak nulis, akhirnya gua kangen nulis juga, dan kangen kamu juga. Karena udah lama nggak nulis akhirnya gua kalo nulis di laptop harus make pensil. Huft. Oke nggak lucu. kali ini gua mau ngebahas tentang ulangan/ujian nih, karena sekarang gua lagi ngelaksanain ujian  chunnin eh maaf maksudnya ujian kenaikan kelas atau biasa disebut UKK, kalian pasti lagi Ujian juga? Atau udah selesai?.

Setiap akhir semester pasti kalian selalu ngalamin hal yang dinamakan ULANGAN, iyah ulangan ini adalah momok yang paling menakutkan bagi dedek-dedek para pelajar bahkan keseremannya udah ngalahin suzanna yang nakut-nakutin abang-abang tukang sate. 

Tapi kembali lagi, dibalik kesereman ulangan selalu ada hal-hal yang hanya ada dalam ujian/ulangan, mau tau apa saja? Ini gua kasih tau :

Nyontek

Pasti disetiap sekolah, selalu ada tradisi turun-temurun yang disebut nyontek. Kalo di sekolahnya nggak ada tradisi nyontek positif thinking aja mungkin muridnya Cuma satu. Iyah nyontek adalah hal yang hampir selalu ada saat ujian, kecuali uji nyali. 

Kalo uji nyali nggak bakal bisa nyontek lah, lu mau nyontek ke siapa saat uji nyali? .?Kuntilanak?, tuyul? Pocong? Atau nyontek ke lilinnya?.... nanti gini jadinya kalo nyontek ke lilin “sssstt..!!! lilin-lilin, pengertian pocong apa?” *lilinya diem aja* “woy lilin jawab pertanyaan AKU!!, aku butuh penjelasanmu” udah gitu terus  aja sampai naruto jadi ustadz.

Dan yang terpenting setiap orang pasti pernah nyontek, entah itu orang yang pinter banget, atau yang males (ini jangan ditanya lagi), setiap orang pernah nyontek karena ada kalanya kita membutuhkan contekan disaat yang terdesak.

Pengawas

Selalu ada pepatah “nilaiku tergantung pengawasku”, dan memang benar sih apa kata pepatah itu, disini gua akan membagi 2 tipe pengawas :

Pengawas yang Cuek.

Pengawas ini emang paling enak kalo buat nyontek-nyontekan, walaupun kelas rame pun dia cuek aja sambil mainin laptopnya, ngadain konser D’Academy di ruangan itu pun dia cuek aja, bahkan kalo ada gempa pun dia………. lari.

Dan biasanya tipe pengawas ini adalah pengawas yang sok sibuk, padahal dia lagi nonton Bo*** dilaptopnya, makanya anteng aja dia. Dan bahkan ada pengawas yang nonton ituan sambil bawa speaker dan speakernya yang biasa dipake tukang nyanyi keliling dan volumenya di FULLin, kan bangke. :(((((.

Pengawas Mata Sharingan (Uchiha) /Ninja.

Pengawas tipe ini adalah pengawas yang ditakutin para siswa yang kalo ulangan Cuma bisa nyontek doang, iyah gerak sedikit langsung di ‘hey-hey’in, ngobrol sedikit langsung dilempar penghapus, apalagi kalo nyontek bisa dilempar ke neraka kali.

Gua nggak tau kenapa ada tipe pengawas yang matanya kayak gini, mungkin dia setiap hari  makanya wortel terus, jadinya matanya tajem, setajem silet. Tapi pengawas ini menguntungkan bagi siswa yang mengerjakan soalnya dengan jujur alias tanpa nyontek, jadinya dia nggak dicontekin terus sama temenya.

Murid yang kalo ditanya dia selalu jawab belum, tapi selalu ngumpulin pertama alias (Pelit)

Hampir disetiap sekolah ada murid yang ngeselin kayak gini pasti ADA!!!. Iyah kalo ditanya jawabannya selalu jawab dengan kata yang ngebosenin yaitu ‘BELUM’, dan beberapa menit kemudian dia udah selesai ulangannya dan langsung ngumpulin ke depan, kan ngeselin.

Konon di akhirat nanti tipe murid yang kayak gini akan dikutuk jadi asbak rokok. tapi sebenernya murid ini tujuannya baik sih, biar murid yang Cuma bisanya nyontek mendapatkan jera. Dan mau berusaha untuk mengerjakan ulangannya sendiri.

Bawa papan ujian/ulangan

 Gak usah ditanya lagi, setiap ulangan itu Wajib hukumnya membawa papan ujian, iyah papan itu fungsinya banyak :

 Biar ngejawab di kertas selembarnya enak

Iyah ini memang tujuan utama membawa papan saat ujian, asal jangan make papan triplek aja saat ujian. Kalo bawa papan triplek nanti disangka kuli.

Media untuk nyontek.

Selain untuk tatakan kertas, papan ujian ini berguna banget bagi para contekers untuk menulis jawaban yang sudah dipersiapkan dari rumah, dan ketika ujian, tinggal nyalin doang deh. Dan selain buat nulis jawaban, papan ini juga berguna untuk nyimpen kertas contekan dibalik papan itu, insya allah aman.

Buat ngegeplak pengawasnya.

Nah ini ketika kalian ketauan nyontek, dan kertas jawaban kalian diambil oleh pengawasnya solusi yang terakhir adalah geplak palanya pengawas menggunakan papan, papan selancar. Hingga pingsan, oke cara ini nggak boleh ditiru yah dedek-dedek.

Oke mungkin itu aja yang bisa gua paparkan mengenai hal-hal yang selalu ada saat ulangan/ujian, gua pengen kasih satu kata bijak buat kalian “Janganlah mencontek, kalo tiada artinyaa..~~~” oke sekian dari gua kurang lebihnya mohon maaf, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam beras plastic.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar