Yampun akhirnya kita ktemu lagi di artikel ini! Saya teh yakin pasti udah pada kangen... kangen sama mantan-mantannya (bukan sama saya).

Sebelum mengetik artikel ‘yang pasti rame’ ini, ane abis ngecek timeline. Dan di sana, ada kak Pevita yang lagi menegaskan kalo dia gak ada hubungan spesial dengan si Al! Kakaknya El dan Dul ini, belakangan digosipkan dekat dengan Kak Pev. Tapi ya apa daya, ternyata Kak Pev cuma menganggap sebagai teman saja. Dan minta ini gak usah dibahas terlalu gimana banget.

Tapi di atas baru aja kita membahasnya, yah lumayan udah dapet satu paragraf, masa dihapus lagi? Gak apa-apa yah yang, eh Kak Pev..?!

Ngomongin Pevita dan Al, pasti gak lepas dari masa SD mereka, kita yakin banget mereka pernah ngalamin SD juga. Tapi SD-nya di mana kita kurang tau, pasti bokapnya lebih tau.

Ngomongin anak SD, pasti zaman sekarang udah banyak mengalami perubahan. Mereka pasti lebih cepet liat yang ‘aduhay’ secara jamannya udah internetan banget. Mereka juga udah dibekaligadget semacam tablet dan smartphone dari SD, sedang di jaman kita boro-boro HP, ngegebet aja masih dari wartel dan deg-degan kalo bokapnya yang ngangkat. Udah gitu, mereka juga udah malem mingguan, beda dengan kita yang malem mingguan nonton Family 100 bareng keluarga.

Karena banyak dari kalian yang hidup di jaman purbagalau, mari kita kembali sejenak ke sana, untuk melihat-lihat, hal apa aja sih yang jadi tren pas jaman kamu SD dan pasti pernah kamu ikutin.

Tas Koper

Kalo ke sekolah gak mungkin bawanya karung. Kita pasti bawa tas masing-masing. Nah, inget kan kalo di jamannya kita suka pake tas warna-warni, tas yang ada bonekanya, sampe yang absurd, tas ada jam dindingnya, tas dari karung tepung terigu, dan gak ketinggalan yang kayak di atas! Tas Koper sodara-sodari.

Tas ini emang cocok banget buat anak SD yang suka travelling, tapi kalo ke sekolah berarti itu anak bukan suka jalan tapi emang magen (males gendong) aja. Maunya diseret tasnya. Itu juga paling sampe depan sekolah doang, abis itu supirnya yang bawa, doi bobok di belakang mobil. Bisa juga didorongnya cuma sebentar soalnya jalanan ke sekolahnya jelek.

Kotak Pensil

Setelah tas, kita berlanjut ke dalemnya! Kalo di jaman SD biasanya masih ‘rajin-rajin’ nih. Buku lengkap banget bawanya, buku tulisnya juga, gak ketinggalan berbagai alat tulis harus juga dibawa, sampe penggaris segitiga, jangka, busur, dan sodara-sodaranya. Gak heran kan, kadang suka liat anak SD ‘dibawa’ tas, bukan anaknya yang bawa tas, karena tasnya emang suka lebih gede dari orangnya.

Kembali ke keperluan di atas, karena itu membawa kotak pensil amatlah dibutuhkan. Begitu banyak permintaannya, sehingga bentuk kotak pensil jadi amat beragam.

Salah duanya adalah yang di gambar di atas. Karena masih anak-anak, jadi kotak pensil pun multifungsi jadi mainan juga. Biasanya di atasnya ada mainan seperti pinball, lapangan bola mini, mobil-mobilan, robot-robotan, sampe rumah boneka.

Nah, baru deh di dalemnya ada kotak gede gunanya buat nyimpen bolpen sama pensilnya. Nah, di samping-sampingnya ada berbagai kotak kecil yang bakalan keluar kalo dipencet. Isinya macem-macem, mulai dari penghapus, paperclip, serutan, dan perintilan kecil lainnya.

Selain itu ada juga kotak pensil yang kayak ranjang kos-kosan, bertingkat-tingkat gitu. Jadi pas dibuka ternyata ada 3 tingkat. Jadi bisa diisi per lantai deh!

Tapi kembali lagi ke tingkat kemalasan, biasanya ada aja sih yang memberdayakan kantong depan tas jadi kotak pensil. Ya kan?!

Sepatu

Siapa yang gak tau sepatu ini? Ah masa?! Ini kan terkenal banget ... Namanya El E jieeeer.. Kalo pake sepatu ini kadang gak mau lepas sampe malem. Ya kalo siang kan gak keliatan-keliatan banget lampunya. Nah, makanya pada sering main-main ke rumah temen sampe malem. Udah gitu lebih ngeselinnya, pas masuk rumah temennya, tetep aja sepatunya dipake. Biar nyala-nyala gitulah.

Lemari Komik
Di rumah temen, tak lain tak bukan adalah...

Nebeng baca komik! Apalagi kalo temen punya orang tua yang ‘sangat memadai’, udah bisa dipastikan kalo rumahnya bakalan jadi pangkalan nongkrong. Anak SD yang kayak gini biasanya bisa beli komik sampe 10 biji tiap minggu. Dan teman-temannya gak akan menyia-nyiakan kenikmatan ini. Ya daripada cuma dibaca sekali, mending dibaca rame-rame ya kan ya?

Alat Tulis Lagi
Oke, balik lagi ke dunia alat tulis!
Ada yang inget sama yang satu ini?! Ayo apa namanya?

Bolpen yang satu ini bakalan kamu temuin di toko mainan yang cukup hip di jaman itu. Dan... harganya agak premium nih. Jadi ketika kamu mau beli bolpen ini harus ada bete-betenya dulu ke orang tua biar dibeliin.

Mainannya macem-macem ada yang ada lapangan basketnya, ada yang bisa nembak-nembak, ada yang punya roket, dll.

Ada yang masih punya gak? Fotoin dong!

Jam Tangan

Jam tangan juga banyak yang jadi tren di kala itu. Salah satunya ya ini nih, jam tangan yang ada isi airnya! Jam model ini sempet merebak pas jadi hadiah kalo makan di restoran cepat saji yang itu tuh! Nah selain itu ada juga jam selepet! Biasanya hadiah dari majalah anak-anak gitu deh.

Ada juga jam tangan yang kalo nyala ada gambar lumba-lumbanya, atau jam tangan power rangetyang ada tombolnya, atau ada juga jam tangan kalkulator. Banyak deh!

Ada yang sempet punya?

Oke! Itu beberapa tren di kala kita SD dulu! Nah, kalian pasti inget juga dong benda-benda apa yang sempet kalian punya pas SD, ceritain ya! Kalo ada fotonya boleh banget di-share juga!