Beranjak dewasa adalah sebuah keharusan, seperti halnya biji kacang ijo yang menjadi pohon toge. Di balik semua itu, si biji kacang ijo menjalani proses transisi menjadi dewasa. Dia tumbuh mulai dari biji yang mirip pucuk jerawat, lalu kecambahnya mulai keluar dari kulit, dan seiring berjalannya waktu akhirnya dia menjadi toge yang indah dan dewasa. Putih, kuning, dan unyu.

Sama halnya seperti manusia, setiap orang pasti beranjak dewasa dengan berbagai cara dan proses. Dewasa bukan dinilai dari jumlah angka usia, tetapi dari perilaku dan cara berpikir. Ada yang udah tua tapi kelakuannya kayak anak kecil, ada yang baru menginjak bangku SMP tapi cara mikirnya lebih dewasa daripada sarjana S3. Terbalik.

Menjalani transisi dari masa ABG ke masa dewasa tentunya melewati berbagai macam sequencesdalam kehidupan. Nah, kurang lebih inilah hal-hal yang nemenin kamu di masa transisi dari ABG ke dewasa...

Model Rambut
Rambut adalah mahkota kepala, model rambut bisa menjadi tolok ukur kedewasaan orang. Bisa kamu perhatikan gaya rambut seseorang dengan cara berpikirnya dan perilakunya, dewasa atau nggak.

Dewasa banget kan?

Dindingnya bagus... *salah fokus*

Dengan model rambut, orang pun bisa menilai kedewasaan seseorang, makanya pas cukur rambut jangan minta model yang aneh-aneh. Apalagi diwarnain kayak ayam sepuh di sekolahan SD.

Pakaian
Selain buat menutupi tubuh kamu dari terpaan panas dan dingin, gaya berpakaian bisa mempengaruih penilaian orang lain terhadap diri kamu. Kamu harus lebih memperhatikan gaya berpakaian kamu, kalo pengin terlihat gaul dan trendi ya berpakaianlah seperti halnya zaman sekarang, tapi jangan berlebihan juga kayak onde-ondel.

Berpakaianlah rapi dan sederhana, poin pentingnya pokoknya pakaian yang enak dipandang, niscaya orang akan nyaman dan senang memperhatikan kamu.

Enak dipandang kan?

Buat cewek usahakan berpakaian senyaman mungkin dan enak dipandang. Enak bukan berarti mengundang yang nggak-nggak.

Tontonan
Kamu sadar gak? Bahwa asupan tontonan kamu bisa memengaruhi cara berpikir. Coba kamu perhatiin teman kamu yang setiap harinya betah nonton berita pasti mikirnya tentang nasib negara ini yang lagi carut-marut.

Kalo kamu pengin dewasa pilah-pilih tontonan yang meman porsinya dewasa, tapi bukan film porno, yang ada kamu pikiran kamu malah jadi mesum. Atau infotaiment, yang ada bikin kamu doyan gosip.

Lagu
Lagu yang suka kamu dengarkan secara garis besar adalah lagu yang cocok sama suasana hati kamu. Suasana hati mempunyai keterkaitan kuat sama otak dan pikiran. Kalo lagu yang kamu dengerin lagu galau terus, ya kamu galau terus. Nah, dalam masa transisi kamu yang sekarang ABG menuju dewasa ini kamu butuh lagu yang segmennya dewasa tapi nggak dewasa-dewasa amat agar kamupun cara berpikirnya bisa menjadi dewasa.

Coba kamu dengerin album terbarunya Astrid yang berjudul ‘Terpukau’, di dalam album tersebut lagu-lagunya cocok banget buat nemenin masa transisi kamu.


Karena, setelah kami dengerin dan perhatiin, Astrid membuat album ini karena hasil transisinya dari Astrid yang dulu terkesan penyanyi bergaya gothic, sekarang Astrid sudah menjadi penyanyi dewasa dan udah jadi seorang ibu. Kalo kamu pengin dengerin lagu-lagunya, kamu bisa beli albumnya di gerai Smartfren terdekat di daerah kamu. Dengerin lagunya dan ambil pesan serta makna dari setiap lagunya.


Udah tau kan sekarang hal apa aja yang nemenin kamu di masa transisi menuju dewasa? Sebagai penutup, gue bikinin kalimat kutipan untuk memotivasi kamu supaya semangat untuk mendewasakan diri, selamat bertumbuh dewasa!