Anime

Selasa, 25 Februari 2014

Sifat Masa Kecil yang Harus Dibawa Ketika Dewasa

Masa kecil emang masa paling indah. sekaligus memalukan. Soalnya, di masa itulah kita masih belum ada dosa dan masih belum ada malu. Jadi mau ngapain aja kayaknya bebas, kan masih kecil ini. Maka dari itu jangan heran, banyak yang malu kalau masa-masa kecilnya diceritain ke orang. Soalnya biasanya emang malu-maluin.

Naaaah, walaupun sifat kekanak-kanakan itu notabenenya harus ditinggalkan karena tidak pantas untuk orang dewasa, tapi ternyata ada juga lho beberapa sifat di masa kita kecil yang masih harus dibawa ke masa dewasa.

Mencintai Orang Apa Adanya
Buat urusan percintaan, kalo kita liat anak kecil emang nggak mikirin hal-hal yang lain. Pokoknya ya kalau udah suka ya suka aja. Masa bodo mau dia miskin kek, jelek kek, yang penting dia suka.

Naaah, harusnya pas dewasa juga harus punya sifat yang kayak gini. Sifat apa adanya dalam memilih pasangan. Jangan yang cuma mentingin dia cakep doang lah, kaya doang lah, pinter doang lah. Kan kalau milih apa adanya jadi enak, yang mukanya standar jomblonya nggak kelamaan.

Ikhlas
Namanya juga anak-anak, mau ngapain aja kalau emang dia seneng (walaupun menurut orang dewasa berbahaya) ya masa bodo dengan resikonya. Coba deh inget-inget waktu kecil, pasti banyak yang pas lagi main, entah sendalnya ilang lah, atau mainannya rusak lah. Tapi pas semua itu terjadi ya dia cuek-cuek aja, semacam ikhlas gitu. Kayak nggak ada beban pikiran.

Coba kalau di masa dewasa juga kita bisa kayak gitu. Misalnya pacar kita diambil orang, terus ikhlas dan menganggap semuanya nggak terjadi apa-apa. Pasti nggak akan ada itu, yang namanya tengah malem galau, nangis, laper, terus masak mie instan.

Percaya Diri
Sebagian orang, pasti punya kisah yang sangat memalukan ketika mereka kecil. Entah itu abis mandi, dan masih nggak pake baju lari-larian ke luar rumah lah, make bedaknya belepotan lah, nyomot makanan tamu pas ada tamu di rumah lah, dan masih banyak yang lain. Kenapa semua itu bisa dilakuin? Ya karena saat itu kita pikir hal yang kita lakuin adalah tindakan yang wajar. Jadi ya percaya diri aja ngelakuinnya.

Nah, sifat percaya diri ini nih yang harus masih ada ketika dewasa. Contohnya, percaya diri sewaktu mau kenalan sama cewek, ngomong di depan umum, dan lain-lain. Gitu.

Nggak Suka Begadang
Anak zaman sekarang, yang tidur maksimal pukul 10 malam emang bener-bener langka. Sekalinya ada pasti dikatain cupu. Padahal, hal kayak gitu tuh bagus sebenernya. Sekarang mah pukul 12 malam juga masih pada online, masih pada ngetwit galau. Malah kadang, ada yang baru bisa tidur pas udah subuh gara-gara kena insomnia. Padahal kan menurut dokter, tidur terlalu larut malam bahkan sampai pagi itu bisa merusak fungsi hati dan pencernaan. Kan kasian yang jomblo, udah hatinya secara psikologis emang sakit, eeeeh ditambah sakit hati yang beneran.

Coba inget waktu kita masih kecil, jam 9 juga udah pada tidur. Pokoknya pola tidurnya bener-bener sehat deh. Naaah, sifat yang ini nih yang masih harus ada ketika kita dewasa.

Rajin Mandi
Betul, orang dewasa atau menuju dewasa makin ke sini makin males mandi. Apalagi kalau lagi libur, mandi aja tayamum.

Coba pas waktu kecil, pasti rajin mandi. Pagi-pagi udah mandi, kalau nggak mau, gak dibolehin nonton kartun. Sore juga gitu. Kalau nolak mandi, pasti nggak dibolehin main. Ritual mandi sore biasanya gini; mandi -> handukan -> dibedakin pipi-kanan-kiri-jidat sampe cemong -> baru boleh keluar. Coba kalau sekarang, kadang keluar rumah aja nggak mandi gara-gara males.

Berani Mencoba
Contohnya waktu mau nurunin level naik sepeda. Dari yang tadinya roda empat jadi roda dua. Pasti enggak langsung bisa. Ada beberapa proses yang pasti kita lewati, terutama terjatuh. Entah sudah berapa kali kita terjatuh tapi tetap saja berani mencoba.
Menurut aku ini perlu di terapkan di kehidupan ketika dewasa. Ketika kita jatuh dan tak bisa bangkit lagi (bahasa kasarnya: di putusin pacar). Jangan langsung galau. Mending coba bangkit. Cari yang lain, Siapa tau tuhan telah menyiapkan jodoh yang terbaik buat kita. Dengan catatan: DICARI, jangan DITUNGGU.

Jujur
Iyah sekarang orang yang jujur sudah mulai langka. sekalinya jujur itu harus ngorbanin akal, pikiran.

Inget gak waktu kecil kita selalu berkata jujur kepada orang tua kita. bercerita jujur kepada orang tua kita. sampe jujur ketika nggak mau makan karena nggak enak masakannya. Kalau sekarang udah gak ada lagi mungkin.

Tuh beberapa sifat di masa kecil yang kudu wajib dibawa ketika dewasa. Menurut kamu ada yang lagi nggak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar